Posts from the ‘Renungan’ Category

MUHASABAH CINTA

Aku tak tahu apa harus kukecam hawa nafsuku atas cinta…

Atau mataku yang menggoda, ataukah hati ini…

Jika kukecam hati, ia berkata : Gara-gara mata yang memandang!

Dan jika kuhardik mata, ia berdalih : Ini kesalahan hati!

Mata dan hati telah dialiri darah…

Maka wahai Rabbi, jadilah penolongku atas mata dan hati…

Sahabatku, demi Allah, tiada satu bencana akan terus menimpa seseorang, betapapun besarnya, Jika suau hari dia datang, Jangan tunduk kepadanya, dan jangan banyak mengeluh, sebab sandal saja bisa terpeleset…

Banyak orang mulia ditimpa musibah tapi dia sabar, dan musibah-musibah itu pun akan menghilang dengan sendirinya… Hari-hari demikian bangga atas diriku, namun tatkala melihat kesabaranku dia pun layu…

Dadaku menjadi sesak karena keresahan sebuah peristiwa, namun mungkin saja kesusahan itu akan menjadi kebaikan …

Banyak hari yang diawali dengan kesuntukan, dan pada akhirnya menjadi keindahan dan ketenteraman…

Tak pernah aku merasa semppit karena kesuntukan, kecuali akan datang sendiri jalan keluar untukku…

Aku tahu…

Hanya allah yang bisa membuat kita mampu tersenyum walaupun dalam keadaan menangis, tempat bertahan ketika kita hendak menyerah, temppat berdoa ketika kita kehabisan tempat untuk mengeluh bahkan ketika semua orang menjauh, tempat untuk kembali sekalipun hati kita telah hancur berkali-kali, tempat untuk tetap mengerti ketika tidak satupun yang terlihat memberi arti. Segala sesuatu menjadi bisa, karena Allah SWT lebih memahami kita melebihi diri kita sendiri. Dekatlah selalu pada Allah, karena istiqamah tidak datang sendiri. Segala sesuatu ada proses, bukan berarti kita diam, Namun kita harus mencoba menjalani proses tersebut… Proses adalah langkah kita untuk lebih baik lagi Dunia dan Akhirat… Kalau kita selalu mengingat Allah, maka kehidupan yang sebenarnya akan kita dapatkan. Semoga kita dapat saling mengingatkan di Jalan Allah SWT… semata-mata hanya mengharap Ridha Allah SWT..

Aku tak pernah merasa lelah berjalan, tak merasa bosan berkarya, tak jengah mencari hidayah, tak gelisah meski kondisinya sederhana, yang penting setiap perjalanan hidup aku bisa memberikan kontribusi dan karya nyata… (Abu Izzuddin)

*********

Perlahan-lahan waktu terus berjalan tanpa hentu… Harum semerbak bulan Ramadhan sudah tersama-samar tercium mewangi… Dari relung  terdalam isi hati… Pribadi diri & juga keluarga yang saya cintai… Penuh harap Mohon maaf LAHIR BATIN atas segala kesalahan dan kesilapan selama ini …

by : muhasabahcinta…

lihat gambar : disini

BILA AKU JATUH CINTA

Rabb..

Betapa banyak orang yang mengumbar dusta atas nama cinta…

Aku sama sekali tak mengerti..

Betapa banyak orang yang menangis kerana tersakiti oleh cinta..

Aku tak mengerti..

Tak sedikit orang yang hancur juga katanya karena cinta..

Aku sungguh tak mengerti..

Namun ada pula yang bahagia, juga katanya karena cinta..

Kembali aku tak mengerti..

Rabb..

Pada-Mu ku katakan aku tak tahu apa itu cinta..

Seperti apa jatuh cinta..

Dan bagaimana itu cinta..

Aku pernah menaruh harapan pada manusia, Namun kekecewaan yang ku dapatkan, Rabb bila itu jatuh cinta..

Jangan biarkan aku merasakannya lagi..

Aku pernah memelihara kesetiaan pada manusia, Kembali penghianatan yang kurasakan, Bila itu disebut cinta, Kumohon jauhkan aku darinya..

Pernah pula kurangkai mimpi, Membangun istana yang indah dengan manusia..

Namun semuanya porak-poranda, Bila itu yang namanya cinta, matikan rasa itu padaku..

Rabb..

Aku hanya ingin jatuh cinta pada seseorang yang juga mencintai-Mu..

Aku hanya ingin menaruh harapan, pada seseorang yang hanya berharap pada-Mu..

Aku hanya ingin memelihara kesetiaan pada dia yang mau menggadaikan diri dan jiwanya pada-Mu..

Aku hanya ingin merajut mimpi membangun seribu istana, pada dia yang merindukan wajah-Mu..

Rabb..

Ini janjiku pada-Mu..

Bila kelak Kau mempertemukan aku dengannya..

Maka Akan ku persembahkan selaksa cintaku padanya..

Menjadikannya satu-satunya perhiasan terindah di mata dan hatiku, Bukan karena keindahan fisiknya..

Akan ku jaga kehormatannya dengan sebaik-baiknya, Bukan karena kedudukannya yang tinggi.. Akan kudidik generasi-geberasi penerus kami menjadi generasi rabbani, Bukan karena kenikmatan dunia..

Namun karena cintaku, cintanya, cinta kami..

Terikat oleh Cinta-Mu..

(Oleh Aztriana ‘cenceng’ Apt)

———————–

aku ingin jatuh cinta… aku ingin merasakan kasih sayang… tapi yang mencintai karena Allah dan aku pun mencintainya hidup bersama orang yang dicintai dan mencintai…

Kisah Gadis Si Buruk Rupa

Konon cerita di sebuah desa hidup seorang wanita  yang buruk rupa. Sedemikian buruknya hingga kaum muda menjauhinya.  Ada kebiasaan di desa itu memberi mas kawin dari pria yang hendak melamar gadis idamannya, Banyak tidaknya mas kawin yang diberikan tersebut tergantung dari kecantikan sang gadis. Jadi apabila gadis itu berwajah biasa-biasa, maka mas kawinnya berharga seekor kambing. Kalau lebih cantik lagi, jumlah kambingnya bertambah banyak. Dan yang terbanyak mas kawinnya sampai saat itu adalah mas kawin primadona di desa tersebut, sebanyak 10 ekor kambing.

Setiap orang membicarakan tentang ‘harga’ gadis jelek itu. Mereka berkata:  “Ah, dia kan buruk rupa.  Mana ada yang mau. Jangankan seekor kambing, seekor ayampun pasti tidak adaî Dan yang lain berkata: “Jangankan seekor ayam, membayarnya dengan bangkai ayam matipun pasti tidak ada yang mau.    ” Dan mereka menertawakan nasib gadis malang yang buruk rupa itu.  Gadis itu berulang-ulang mendengar gurauan mereka, dan hatinya menjadi sedih dan terluka. Harga dirinya rusak, dan dia sendiri hampir percaya,
bahwa tidak ada seorangpun yang mau mengambil dia sebagai istri. Hingga suatu saat, tersiar kabar bahwa gadis buruk rupa itu disunting oleh pemuda dari desa seberang. Dan penduduk desapun bertanya-tanya, pemuda malang manakah yang ìbutaî meminang gadis buruk rupa itu? Mereka berbondong- bondong datang ke rumah orang tua gadis buruk rupa tersebut dan bermaksud menanyakan tentang kebenaran hal tersebut. Dan alangkah kagetnya mereka, ketika sampai di sana, mereka menemukan mas kawin dari pemuda itu. Mas kawinnya berupa sapi! Tidak pernah ada seorang wanita cantik manapun yang pernah diberi mas kawin semahal dan seberharga itu! Bahkan gadis tercantik di desa itu hanya ‘seberharga’ 10 ekor kambing. Dan mereka lebih terkejut lagi ketika mendapatkan bahwa tidak hanya seekor sapi, tapi ada 10 ekor sapi di kandang.Ya 10 ekor.

Mereka tambah penasaran. Oleh sebab itu, penduduk berbondong bondong berjalan ke desa seberang untuk melihat bagaimana nasib wanita buruk rupa itu. Berjuta pertanyaan muncul, Barang kali pemuda itu gila? Matanya buta kali, nggak liat apa kalo dia jelek setengah mati?””Ah jangan-jangan cuma dijadikan pembantu rumah tangga, pasti diberi
makanan yang sedikit lalu dijual lagi ke pedagang budak belian.”   Ketika  tiba  di rumah pemuda itu, mereka melihat bahwa rumah itu amatlah mewah. Dindingnya diukir dengan indah. Dan mereka semakin yakin bahwa dugaan mereka tentang wanita malang ini akan dijadikan pembantu rumah tangga dan budak adalah tidak salah.

Ketika mereka mengetuk pintu, seorang pemuda tampan menyambut mereka. Dia memperkenalkan diri sebagai pemilik rumah. Mereka bertanya apakah mereka boleh  bertemu dengan gadis tersebut. Sang pemuda kembali masuk ke rumah, setelah mempersilahkan   mereka duduk di ruang tamu. Seorang wanita muda yang cantik datang menyambut mereka. Rambutnya tertata rapi, tutur katanya halus dan lembut, dengan ramah ia mempersilahkan mereka mengambil makanan dan minuman. Penduduk bertanya, di manakah gerangan gadis buruk rupa itu? Apakah baik-baik  saja? Dimanakah ia sekarang? Wanita yang cantik tersebut menjawab, “Sayalah orangnya”. Orang-orangpun melongo, melotot, dan tak mampu berkata-kata. Mereka bertanya? Apakah benar? Apakah tak salah lihat ? Gadis itu kan jelek sekali, sementara wanita ini amat anggun dan cantik? Wanita tersebut berkata, “Saya merasa cantik, ketika saya mengetahui bahwa suami saya menghargai saya dengan harga yang mahal. Saya sadar bahwa dia bukan hanya berusaha berkata bahwa saya cantik, bukan seperti apa
kata orang, terlebih lagi karena dia mencintai saya. Sebagai balasannya, saya berusaha memberikan yang terbaik yang pernah saya bisa berikan, karena saya tahu, suami saya menebus saya dengan harga yang amat mahal, saya berdandan dengan cantik, saya mengubah model rambut, dan berusaha menyenangkan hatinya. Dan inilah saya yang sekarang.”

Cerita ini hanya sebuah dongeng anak kecil sih, tetapi pesannya terlihat jelas, cinta dapat membuat anda tambah cantik,  dimata orang yang mencintai anda, anda akan terlihat sempurnah apapun bentuk anda, dia tidak pernah mempersalahkannya…

begitulah cinta, dapat membutakan mata anda… 🙂

(sumber: saya ambil dr koleksi buku saya “cinta itu asyik, tapi jangan asyik bercinta”)

Mau Dibawa Kemana Akhlak Kita??

Waduh gawat neh, setiap berita, setiap orang membahas tentang Luna Maya-Ariel, atw Cut Tari-Ariel. Bener2 gawat lah klw udah seperti itu jadinya. Bahkan anak kecil aja penasaran dibuatnya, sehingga berani buka situs2 yang dianggap tak mendidik itu. Contohya saja, seorang anak kecil, yang bermain di warnet, iseng2 lihat kedalam KBU pengen tau apa sih yang dibuka ama anak sd itu, lagi nyari tugas apa lagi nyari bahan buat sekolah. Eh, nggak taunya malah buka om google dan ditulis lah kata2 itu “video mesum luna maya dan arie”. Weleh – weleh… kalau hal ini terus dilanjutkan, mau jadi apa anak bangsa kita nantinya?

Tadi pagi sewaktu pelajaran bisnis, dosen ku malah bilang gini sama kami, “Di jakarta, teman saya pernah baca selogan, ntah selogan apa namanya. Dan mau tau apa bacaan isi selogannya? “Hari Gini Masih Perawan?”

Waduh gawat duonk klw seperti itu kejadiannya. Jadi takut gimana kelak anak2 kita nanti ya, klw sudah menikah dan punya anak. Duuh, kacau lah kalau begini.

“Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya), (QS. 25:68)”

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (QS. 25:32)”

Kalau ingat tentang bapak dan ibu satu itu pak ariel-luna maya, ingat koment2 teman di Fb.

ariel-nenek2 ^^

wah kalau lihat futu diatas pasti pada ketawa2 semuanya :P.

ini sedikit percakapan mereka di Fb atas komen futu yang diatas

Soepriatiningsi Salam

Ya Allah, tunjukkanlah ariel jalan yg lurus ..jalan yg penuh cahaya, bukan lobang melulu, Ya Allah …. kasian, anakx si ariel kan cewek …. bangsat nih si Ariel (yailah, mendoakan trus menghujat …)
Puspita Rose

hahaahahaha…waduchhh
Kemarin jam 20:05 · Beri bendera
Dian Rika

@bang sujud huuh ivan gunawan…… beuhhh seeereemmm…. amit amit jabang bayiiii
Opy Martherus

Td luna maya absen di dahsyat, cut tary absen di insert. liat azis gagap deh, skrg ada gk di OVJ? Klo gk ada brarti dia lg deg2an takut videonya sm ariel bredar
Kemarin jam 20:07 ·
pas komen yang terakhir membuat diriku tertawa membacanya. Habisnya emang ada si ariel melakukan video mesum dengan si azis gagap ckckckc…. ^^
Tapi saya tidak mau bahas yang itu, saya mau bahas gimana nasib anak kita kelak di masa yang akan datang, kalau moral dan akhlaknya tidak ada.
“Katakanlah (hai Muhammad): ‘Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, (yaitu) agama yang benar; agama Ibrahim yang lurus, dan Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik”. (Q.S. Al An’am, 6: 161).
Entah mau dibawa akhlak kita ini. Zaman serba canggih, bahkan tidak menutup kemungkinan orang yang beriman pun akan goyah dengan keimanannya, akibat perkembangan zaman yang serba teknologi ini. Beda dulu lain sekarang. Dulu tak ada yang namanya acara gosip, bahkan situs2 porno pun hanya orang2 tertentu saja yang bisa mengakses-nya. Tapi sekarang, semua orang bisa mengakses-nya. Miris hati ini kalau lah yang mengakses situs tersebut adalah seorang yang masih anak-anak dibawah umur.
Di Hongkong sana, Seorang aktor yang pernah tersandung kedalam video porno adalah Edison Chen, dia harus rela berani mengundurkan dirinya dari dunia keartisan akibat masalah situs porno-nya yang beredar lewat internet.
Kenapa yaa, aktris indonesia nggak gentle untuk mengakui kalau di dalam video itu adalah dia, dan berani untuk mengundurkan diri dari dunia keartisan? kenapa?
Karena dunia artis itu dunia yang sangat menguntungkan. Menghalalkan segala macam cara untuk mencapai tujuan.
Coba kalau di indonesia nggak ada artis yaa? ^^ (Apa masih aman juga ya??)
Semoga kita semua dijauhkan dari segala perbuatan yang dapat menjerumuskan kita kedalam lubang api neraka amin ya allah…
Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina adzaban naar

Hujan dan Anak itu

Kalau ingat hujan, pasti sejuk yang dirasakan. Apalagi kalau habis udaranya panas banget, terik mataharinya dari pagi sampai siang, eh terus tiba-tiba hujan, wuiihh… pasti sejuk tuh…

Dan kesejukkan itu aku rasakan pada hari minggu semalam, yang hujannya cukup lumayan deras, yang membuat diriku iri sama anak2 kecil untuk bermain hujan di luar. 🙂

hujan

Tapi mana mungkin aku lakukan, mw lah kena repetan seribu omelan sama si bundo alias emak.. 😛

sampai-sampai banjir di deket rumah ku. Untung nggak masuk ke rumah 😛 (duh indonesia banget neh nggak pernah mw rugi selalu saja mw untung hehehe…)

Kalau ingat hujan, aku ingat dulu waktu masih kecil. Main hujan-hujan-an sampai sakit. Habis itu nggak boleh lagi main hujan.. 😉

Anak kecil yang bertingkah seperti anak kecil… itu mah wajar… Tapi klw anak kecil yang bertingkah seperti orang dewasa.. gimana yaa?? Apalagi kalau Manusia dewasa yang bertingkah seperti anak kecil….

Aku ingin seperti anak itu, yang bermain dengan gembira… tanpa rasa beban di dalam dada-nya, tanpa ada beban yang menghimpitnya, Lepas dan Polos ….

Aku ingin seperti anak kecil itu… yang menari dibawah gerimisnya air hujan… dengan senyumannya yang indah…

Tapi mana mungkin diriku bisa kembali seperti anak kecil lagi… hehehe

Tapi aku senang melihat anak kecil bermain dibawah air hujan… mengingatkan ku dimana aku, kakaku, dan abangku bermain2 hehehe (tapi nggak mungkin hal itu bisa kami lakukan lagi, secara kami itu udah besar2.. heheh dan malu kalau mau mandi hujan lagi.. 😉 )

Hujan teringatkan aku
Tentang satu rindu
Dimasa yang lalu
Saat mimpi masih indah bersamamu

Terbayang satu wajah
Penuh cinta penuh kasih
Terbayang satu wajah
Penuh dengan kehangatan
Kau ibu Oh ibu

klw hujan2 gini senang rasanya menyenandungkan lagunya opick yang satu rindu… ^^ terima kasih Allah… engkau menurunkan hujan dan menyirami tanah bumi yang tandus dan gersang ini..

KISAH PAK GENDU

Saya orang nya suka banget acara reality seperti yang ada di kick andy, ceritanya sebuah kisah nyata, yang dituangkan dalam sebuah bentuk reality. Dan ini adalah sebuah kisah dimana seorang laki2 yang menghabiskan hidupnya untuk menyembuhkan orang yang memiliki sakit jiwa, atw kita katakan adalah orang gila. Awalnya pak gendu merasa kasihan dengan orang gila yang ada di dekat rumahnya yang selalu saja di main2in oleh anak2 kecil, bahkan sampai di lempar batu oleh anak kecil yang mengejeknya.

Dan ini adalah kisah pak Gendu….. Selamat menikmati 🙂

*****

Seorang ibu datang ke rumah Pak Gendu membawa sebuah kantong kertas berwarna coklat. “Ini titipan dari suami saya,” ujar sang ibu. Ketika kantong kertas itu dibuka, Hartono terperanjat dan menatap sang ibu dengan pandangan tidak mengerti. “Suami saya titip untuk diberikan kepada Pak Gendu,” ibu setengah baya itu menegaskan.

Sekali lagi Hartono melongok ke dalam kantong kertas itu dan sekali lagi dia tidak percaya pada apa yang dilihatnya. Di dalam kantong kertas itu terdapat gepokan uang kertas yang tersusun rapi. Setelah dikeluarkan dan dihitung, jumlah seluruhnya Rp 300 juta! “Jujur saja kami kaget. Tidak terbayang ada uang kontan sebanyak itu dimasukan ke dalam kantong kertas begitu saja,” ungkap Hartono. “Lebih terkejut lagi karena ibu tadi bilang semua uang itu untuk Pak Gendu.”

Kisah di atas diungkapkan Hartono, cucu Pak Gendu, ketika tampil sebagai narasumber dalam diskusi buku yang diselenggarakan Kick Andy Books Club di Toko Buku Kinokuniya Plasa Senayan, Sabtu pertengahan Januari lalu.

Menurut Hartono, ibu tersebut mengaku sang suami yang sedang sakit berat, sebelum ajal menjemput, ingin memberikan uang tabungannya kepada Pak Gendu. Ini semacam wasiat. Keinginan tersebut lahir pada saat dia menonton Kick Andy di Metro TV. Pada saat itu Kick Andy sedang mengangkat topik tentang orang-orang yang dalam keterbatasannya berbuat sesuatu untuk membantu orang lain. Salah satu “pahlawan” yang diceritakan dalam topik itu adalah Pak Gendu.

Pak Gendu adalah seorang “jawara” yang terpanggil untuk merawat dan menyembuhkan orang-orang gila yang berkeliaran di jalanan. Mulanya hati Pak Genduh merasa iba dan tergerak ketika melihat ada orang gila yang dikejar dan dilempari batu oleh anak-anak di kampungnya. Orang gila tersebut lalu dibawa ke rumahnya kemudian dirawat sehingga sembuh. Sejak itu dia dan keluarganya rajin mencari orang-orang gila yang berkeliaran di jalan-jalan untuk dibawa pulang, dirawat, dan disembuhkan.

Pak Gendu kini sudah berumur 80 tahun. Fisiknya sudah lemah. Sakit-sakitan dan mengandalkan kursi roda. Tetapi semangat Pak Gendu tidak pernah surut. Begitu pula kegiatan “menyelamatkan” orang-orang sakit jiwa dilanjutkan oleh anak dan cucunya. Sampai saat ini sudah ribuan orang gila yang ditampung dan dirawat di rumahnya di Bekasi, Jawa Barat.

Karena kegiatannya itu, tahun lalu Kick Andy menganugerahi Pak Gendu penghargaan “Kick Andy Heroes”. Acara pemberian penghargaan tersebut ditayangkan di Metro TV. Nah, tayangan tersebutlah yang kemudian menggerakan hati suami sang ibu yang waktu itu sedang menonton acara Kick Andy.

Saya sendiri baru mendengar kisah uang Rp 300 juta tersebut. Di depan para peserta bedah buku “7 Heroes” yang hadir Sabtu itu, secara terbuka dan tulus Hartono – atas nama Pak Gendu dan keluarganya – mengucapkan terima kasih kepada Kick Andy. “Gara-gara nonton Kick Andy, suami ibu itu tergerak untuk menyumbangkan uangnya ke yayasan yang diasuh Pak Gendu,” tuturnya.

Saya tidak dapat mengucapkan kata-kata. Saya terharu. Saya tidak membayangkan sebuah topik yang saya angkat di Kick Andy dapat menggerakan hati seseorang. Saya juga tidak membayangkan jika seseorang yang pada saat itu merasa hendak pergi untuk selama-lamanya, tergerak memberikan tabungannya guna membantu orang lain yang hanya disaksikannya melalui layar televisi.

Dari kisah diatas, ada terselip sebuah pertanyaan yang ingin saya, kita, kamu pasti ajukan. Pertanyaan itu yaitu. Sudahkah kita, saya, kamu seperti Pak Gendu yang menolong sesamanya demi kebaikannya? Kapan terakhir kali saya, kita, kamu berbuat baik kepada saudaranya?

Semoga kita dapat mengambil hikmah dari apa yang dialami oleh Pak Gendu dan Ibu tadi…

(cerita ini saya kutip dari markas nya kick Andy… ^^ dengan sedikit edit-an sana sini )

Edit Undo dalam Kehidupan

Siapa yang tidak tahu dan mengenal apa itu “Edit Undo”, setiap orang yang menggunakana aplikasi Microsoft Office pastilah mengenal apa itu Edit Undo. Dalam sebuah aplikasi Microsoft Office Edit Undo berarti membatalkan sebuah perintah, sebuah perintah yang apabila kita melakukan kesalahan dalam pengetikkan maka kita akan mengembalikannya dalam bentuk semula, sehingga hasil yang diinginkan menjadi terlihat sempurnah apabila kita akan mengeprint.

Pernah terpikirkan seandainya aplikasi Edit Undo ini kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, bukan tidak mungkin kita tidak akan melakukan kesalahan. Dan kita akan membatalkan sebuah perintah jika perintah itu tidak kita inginkan. Sifat manusia ingin sempurnah sehingga manusia tidak ingin terlihat tidak sempurnah di mata manusia lainnya. Tapi satu hal yang harus kita ingat, hal itu tidak mungkin terjadi karena sifat yang sempurnah itu hanya milik Allah saja.

Jika saya melakukan sebuah kesalahan saya selalu berpikir, Bagaimana cara saya mengedit undo kesalahan ini sehingga apa yang saya lakukan tidak terlihat. Tapi hal itu tidak mungkin terjadi.

Setiap manusia melakukan kesalahan maka edit undo-nya adalah sebuah ucapan yaitu Ucapan Istighfar, selalu mmeminta Ampunan kepada Allah SWT. Tapi percuma tak ada bekas di hati, besok pasti akan melakukan kesalahan lagi. Ibarat orang makan sambal hari ini kepedesan terus kapok besok makan sambal lagi, tapi eh ternyata besoknya makan sambal lagi alias Tobat Sambal 🙂

Seandainya saja aplikasi edit undo ini nyata dalam kehidupan. Mungkin sudah banyak orang yang menggunakan Edit Undi ini dalam kehidupannya. Contohnya saja seperti kita ingin mengeluarkan mobil kita dalam sebuah garasi, lalu mobil kita menabrak tiang pagar. Kalau dalam sebuah komputer maka kita tinggal mudah saja, kita tinggal klik edit undo, membatalkan perintah. Dan mengulangnya kembali mengeluarkan mobil dari dalam garasi dengan hati-hati sehingga tidak menabrak tiang pagar.

Seorang suami yang melakukan kesalahan terhadap istrinya akan mengedit undo kata-katanya yang telah melukai harti istrinya begitupun sebaliknya. Seorang ayah atau ibu yang melakukan sebuah kesalahan kepada anak-anaknya. Seorang anak yang juga melakukan kesalahan kepada orangtuanya maka edit undo adalah jalan satu-satunya sehingga tidak ada orang yang tersakiti. Seorang sahabat yang juga melakukan kesalahan kepada sahabatnya, Dan terakhit seorang saudara yang melakukan kesalahan kepada saudaranya yang lain. Maka edit undo pasti akan digunakan untuk membatalkan sebuah perintah, agar perintah itu tidak menyakiti perasaan siapa pun.

Dan masih banyak lagi. Bukan tidak mungkin aplikasi Edit Undo ini akan digunakan dalam kehidupan, karena sifat manusia yang ingin perfect terlihat sempurnah di mata manusia lainnya tanpa ada kesalahan.

Jika kita melakukan sebuah kesalahan maka beranila untuk meminta maaf. karena kita itu bukanlah Seorang Pecundang yang lari dari kesalahan.