Siapa yang tidak tahu dan mengenal apa itu “Edit Undo”, setiap orang yang menggunakana aplikasi Microsoft Office pastilah mengenal apa itu Edit Undo. Dalam sebuah aplikasi Microsoft Office Edit Undo berarti membatalkan sebuah perintah, sebuah perintah yang apabila kita melakukan kesalahan dalam pengetikkan maka kita akan mengembalikannya dalam bentuk semula, sehingga hasil yang diinginkan menjadi terlihat sempurnah apabila kita akan mengeprint.

Pernah terpikirkan seandainya aplikasi Edit Undo ini kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, bukan tidak mungkin kita tidak akan melakukan kesalahan. Dan kita akan membatalkan sebuah perintah jika perintah itu tidak kita inginkan. Sifat manusia ingin sempurnah sehingga manusia tidak ingin terlihat tidak sempurnah di mata manusia lainnya. Tapi satu hal yang harus kita ingat, hal itu tidak mungkin terjadi karena sifat yang sempurnah itu hanya milik Allah saja.

Jika saya melakukan sebuah kesalahan saya selalu berpikir, Bagaimana cara saya mengedit undo kesalahan ini sehingga apa yang saya lakukan tidak terlihat. Tapi hal itu tidak mungkin terjadi.

Setiap manusia melakukan kesalahan maka edit undo-nya adalah sebuah ucapan yaitu Ucapan Istighfar, selalu mmeminta Ampunan kepada Allah SWT. Tapi percuma tak ada bekas di hati, besok pasti akan melakukan kesalahan lagi. Ibarat orang makan sambal hari ini kepedesan terus kapok besok makan sambal lagi, tapi eh ternyata besoknya makan sambal lagi alias Tobat Sambal 🙂

Seandainya saja aplikasi edit undo ini nyata dalam kehidupan. Mungkin sudah banyak orang yang menggunakan Edit Undi ini dalam kehidupannya. Contohnya saja seperti kita ingin mengeluarkan mobil kita dalam sebuah garasi, lalu mobil kita menabrak tiang pagar. Kalau dalam sebuah komputer maka kita tinggal mudah saja, kita tinggal klik edit undo, membatalkan perintah. Dan mengulangnya kembali mengeluarkan mobil dari dalam garasi dengan hati-hati sehingga tidak menabrak tiang pagar.

Seorang suami yang melakukan kesalahan terhadap istrinya akan mengedit undo kata-katanya yang telah melukai harti istrinya begitupun sebaliknya. Seorang ayah atau ibu yang melakukan sebuah kesalahan kepada anak-anaknya. Seorang anak yang juga melakukan kesalahan kepada orangtuanya maka edit undo adalah jalan satu-satunya sehingga tidak ada orang yang tersakiti. Seorang sahabat yang juga melakukan kesalahan kepada sahabatnya, Dan terakhit seorang saudara yang melakukan kesalahan kepada saudaranya yang lain. Maka edit undo pasti akan digunakan untuk membatalkan sebuah perintah, agar perintah itu tidak menyakiti perasaan siapa pun.

Dan masih banyak lagi. Bukan tidak mungkin aplikasi Edit Undo ini akan digunakan dalam kehidupan, karena sifat manusia yang ingin perfect terlihat sempurnah di mata manusia lainnya tanpa ada kesalahan.

Jika kita melakukan sebuah kesalahan maka beranila untuk meminta maaf. karena kita itu bukanlah Seorang Pecundang yang lari dari kesalahan.

Iklan