Archive for April, 2010

Edit Undo dalam Kehidupan

Siapa yang tidak tahu dan mengenal apa itu “Edit Undo”, setiap orang yang menggunakana aplikasi Microsoft Office pastilah mengenal apa itu Edit Undo. Dalam sebuah aplikasi Microsoft Office Edit Undo berarti membatalkan sebuah perintah, sebuah perintah yang apabila kita melakukan kesalahan dalam pengetikkan maka kita akan mengembalikannya dalam bentuk semula, sehingga hasil yang diinginkan menjadi terlihat sempurnah apabila kita akan mengeprint.

Pernah terpikirkan seandainya aplikasi Edit Undo ini kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, bukan tidak mungkin kita tidak akan melakukan kesalahan. Dan kita akan membatalkan sebuah perintah jika perintah itu tidak kita inginkan. Sifat manusia ingin sempurnah sehingga manusia tidak ingin terlihat tidak sempurnah di mata manusia lainnya. Tapi satu hal yang harus kita ingat, hal itu tidak mungkin terjadi karena sifat yang sempurnah itu hanya milik Allah saja.

Jika saya melakukan sebuah kesalahan saya selalu berpikir, Bagaimana cara saya mengedit undo kesalahan ini sehingga apa yang saya lakukan tidak terlihat. Tapi hal itu tidak mungkin terjadi.

Setiap manusia melakukan kesalahan maka edit undo-nya adalah sebuah ucapan yaitu Ucapan Istighfar, selalu mmeminta Ampunan kepada Allah SWT. Tapi percuma tak ada bekas di hati, besok pasti akan melakukan kesalahan lagi. Ibarat orang makan sambal hari ini kepedesan terus kapok besok makan sambal lagi, tapi eh ternyata besoknya makan sambal lagi alias Tobat Sambal 🙂

Seandainya saja aplikasi edit undo ini nyata dalam kehidupan. Mungkin sudah banyak orang yang menggunakan Edit Undi ini dalam kehidupannya. Contohnya saja seperti kita ingin mengeluarkan mobil kita dalam sebuah garasi, lalu mobil kita menabrak tiang pagar. Kalau dalam sebuah komputer maka kita tinggal mudah saja, kita tinggal klik edit undo, membatalkan perintah. Dan mengulangnya kembali mengeluarkan mobil dari dalam garasi dengan hati-hati sehingga tidak menabrak tiang pagar.

Seorang suami yang melakukan kesalahan terhadap istrinya akan mengedit undo kata-katanya yang telah melukai harti istrinya begitupun sebaliknya. Seorang ayah atau ibu yang melakukan sebuah kesalahan kepada anak-anaknya. Seorang anak yang juga melakukan kesalahan kepada orangtuanya maka edit undo adalah jalan satu-satunya sehingga tidak ada orang yang tersakiti. Seorang sahabat yang juga melakukan kesalahan kepada sahabatnya, Dan terakhit seorang saudara yang melakukan kesalahan kepada saudaranya yang lain. Maka edit undo pasti akan digunakan untuk membatalkan sebuah perintah, agar perintah itu tidak menyakiti perasaan siapa pun.

Dan masih banyak lagi. Bukan tidak mungkin aplikasi Edit Undo ini akan digunakan dalam kehidupan, karena sifat manusia yang ingin perfect terlihat sempurnah di mata manusia lainnya tanpa ada kesalahan.

Jika kita melakukan sebuah kesalahan maka beranila untuk meminta maaf. karena kita itu bukanlah Seorang Pecundang yang lari dari kesalahan.

Masih Ada Hari Esok

Pada suatu tempat, hiduplah seorang anak. Dia hidup dalam keluarga yang bahagia, dengan orang tua dan sanak keluarganya. Tetapi, dia selalu menganggap itu sesuatu yang wajar saja. Dia terus bermain, mengganggu adik dan kakaknya, membuat masalah bagi orang lain adalah kesukaannya.

Ketika ia menyadari kesalahannya dan mau minta maaf, dia selalu berkata, “Tidak apa-apa, besok kan bisa.” Ketika agak besar, sekolah sangat menyenangkan baginya. Dia belajar, mendapat teman, dan sangat bahagia. Tetapi, dia anggap itu wajar-wajar aja. Semua begitu saja dijalaninya sehingga dia anggap semua sudah sewajarnya. Suatu hari, dia berkelahi dengan teman baiknya. Walaupun dia tahu itu salah, tapi tidak pernah mengambil inisiatif untuk minta maaf dan berbaikan dengan teman baiknya. Alasannya, “Tidak apa-apa, besok kan bisa.”

Ketika dia agak besar, teman baiknya tadi bukanlah temannya lagi. Walaupun dia masih sering melihat temannya itu, tapi mereka tidak pernah saling tegur. Tapi itu bukanlah masalah, karena dia masih punya banyak teman baik yang lain. Dia dan teman-temanna melakukan segala sesuatu bersama-sama, main, kerjakan PR, dan jalan-jalan. Ya, mereka semua teman-temannya yang paling baik.

Setelah lulus, kerja membuatnya sibuk. Dia ketemu seorang gadis yang sangat cantik dan baik. Gadis ini kemudian menjadi calon istrinya. Dia begitu sibuk dengan kerjanya, karena dia ingin dipromosikan ke posisi paling tinggi dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Tentu, dia rindu untuk bertemu teman-temannya. Tapi dia tidak pernah lagi menghubungi mereka, bahkan lewat telepon. Dia selalu berkata, “Ah, aku capek, besok saja aku hubungin mereka.” Ini tidak terlalu mengganggu dia karena dia punya teman-teman sekerja selalu mau diajak keluar.

Jadi, waktu pun berlalu, dia lupa sama sekali untuk menelepon teman-temannya. Setelah dia menikah dan punya anak, dia bekerja lebih keras agar dalam membahagiakan keluarganya. Dia tidak pernah lagi membeli bunga untuk istrinya, atau pun mengingat hari ulang tahun istrinya dan juga hari pernikahan mereka. Itu tidak masalah baginya, karena istrinya selalu mengerti dia, dan tidak pernah menyalahkannya.

Tentu, kadang-kadang dia merasa bersalah dan sangat ingin punya kesempatan untuk mengatakan pada istrinya “Aku cinta kamu”, tapi dia tidak pernah melakukannya. Alasannya, “Tidak apa-apa, saya pasti besok akan mengatakannya.”

Dia tidak pernah sempat datang ke pesta ulang tahun anak-anaknya, tapi dia tidak tahu ini akan perpengaruh pada anak-anaknya. Anak-anak mulai menjauhinya, dan tidak pernah benar-benar menghabiskan waktu mereka dengan ayahnya.

Suatu hari, kemalangan datang ketika istrinya tewas dalam kecelakaan, istrinya ditabrak lari. Ketika kejadian itu terjadi, dia sedang ada rapat. Dia tidak sadar bahwa itu kecelakaan yang fatal, dia baru datang saat istrinya akan dijemput maut. Sebelum sempat berkata “Aku cintakamu”, istrinya telah meninggal dunia. Laki-laki itu remuk hatinya dan mencoba menghibur diri melalui anak-anaknya setelah kematian istrinya.

Tapi, dia baru sadar bahwa anak-anaknya tidak pernah mau berkomunikasi dengannya. Segera, anak-anaknya dewasa dan membangun keluarganya masing-masing. Tidak ada yang peduli dengan orang tua ini, yang di masa lalunya tidak pernah meluangkan waktunya untuk mereka.

Saat mulai renta, Dia pindah ke rumah jompo yang terbaik, yang menyediakan pelayanan sangat baik. Dia menggunakan uang yang semula disimpannya untuk perayaan ulang tahun pernikahan ke 50, 60, dan 70. Semula uang itu akan dipakainya untuk pergi ke Hawaii, New Zealand, dan negara-negara lain bersama istrinya, tapi kini dipakainya untuk membayar biaya tinggal di rumah jompo tersebut. Sejak itu sampai dia meninggal, hanya ada orang-orang tua dan suster yang merawatnya. Dia kini merasa sangat kesepian, perasaan yang tidak pernah dia rasakan sebelumnya.

Saat dia mau meninggal, dia memanggil seorang suster dan berkata kepadanya, “Ah, andai saja aku menyadari ini dari dulu….” Kemudian perlahan ia menghembuskan napas terakhir, Dia meninggal dunia dengan airmata dipipinya.
Apa yang saya ingin coba katakan pada anda, waktu itu nggak pernah berhenti. Anda terus maju dan maju, sebelum benar-benar menyadari, anda ternyata telah maju terlalu jauh.

Jika kamu pernah bertengkar, segera berbaikanlah!

Jika kamu merasa ingin mendengar suara teman kamu, jangan ragu-ragu untuk meneleponnya segera.

Terakhir, tapi ini yang paling penting, jika kamu merasa kamu ingin bilang sama seseorang bahwa kamu sayang dia, jangan tunggu sampai terlambat. Jika kamu terus pikir bahwa kamu lain hari baru akan memberitahu dia, hari ini tidak pernah akan datang.

Jika kamu selalu pikir bahwa besok akan datang, maka “besok” akan pergi begitu cepatnya hingga kamu baru sadar bahwa waktu telah meninggalkanmu.

Sumber : aktionplan.com dengan sedikit perubahan…

Dapat Award dari teman

Alhamdulillah dapat award dari teman … nggak tau dalam rangka apa neh ini award. Tapi benar kata kak edy kalau medan lagi panas2 nya euy…

Makasih buat award nya… 🙂

Ilmu Ikhlas

Beberapa hari ini banyak pelajaran yang saya dapatkan neh… Sebuah pengalaman orang lain yang kuanggap menjadi guru bagiku. Salah satunya tentang rasa ikhlas akan kehilangan suatu barang. (ups… bukannya mendoakan neh hehehe… 😛 )

Kmaren aku ketemu dengan mbak ku… Baca lebih lanjut…

Medan lagi HOT

Entah udah berapa bulan neh kota ku nggak pernah hujan… sekitar kurang lebih dua bulan kota medan ku tak hujan-hujan…

Sehingga timbul penyakit di rumahku, Sekeluarga kena semua. Sejenis penyakit kulit nggak tw apa namanya… Tapi bentuk nya bentol2 seperti di gigit serangga tapi ini bentolnya kecil2 seperti keringat buntet kt orang sana bilang… tapi bukan keringat buntet… kalau digaruk sakit tapi kalau nggak digaruk malah gatal…

Ternyata kejadian ini bukan keluarga kami saja yang terkena, tetangga oh tetangga kami pun juga terkena. Mungkin karena musim panas kali sehingga kulit yang sensitiv akan mengalami alergi.

soalnya ada juga sih yang nggak kena seperti yang kami alami. Adikku paling kecil, terkena penyakit biduran. Yang nggak boleh kena air, angin, atau apa yang dingin2. Karena kalau kena yang dingin2 akan semakin bertambah gatal2 nya. Aku juga pernah dulu kena penyakit seperti itu tapi dulu waktu masih kecil. Sekarang udah nggak lagi Alhamdulillah.

Seandainya panas Baca lebih lanjut…

Kembali Lagi Ke Semula

Dalam beberapa hari ini bahkan dalam beberapa minggu ini aku berusaha untuk mencari pekerjaan yang baru… dan bahkan aku sempat keluar dari pekerjaan ku yang lama…

Dalam hati aku berpikir, mumpuni libur kuliah sebulan kenapa nggak aku pergunakan buat mencari pekerjaan yang baru aja yaa…?

Setelah punya tekad dan keberanian diri untuk mengucapkan kata pengunduran diri yang telah ku anggap seperti saudara ku sendiri… habis nya baik banget siih boss ku yang satu ini… aneh aja biasanya aku selalu nggak betah klw kerja dimana2…. bisa2 3 bulan atau ampe 6 bulan aja habis itu putus.. berhenti… Baca lebih lanjut…

MEMBUKA SEMANGAT YANG BARU….^_^

Alhamdulillah setelah beberapa bulan ups… beberapa hari akhirnya daku bisa nulis di blog lagi hehehe…

hm… pengen cerita apa yaa…?? Bingung??

okelah mau cerita tentang semangat yang baru dulu dengan kehidupan yang baru semoga makin berkah aja amin…:)

semangat yang baru untuk jiwa yang baru…heheheh ngutip kata2 siapa yaa 😛

kalau sudah begini jadi pengen buka usaha sendiri… tapi mikir kira2 siapa yang mau modalin yaa… hehehe… 😛 (kok jd ngawur gini siih ngomong nya…maklumlah dah lama nggak nulis jadi agak gimanaaaa…. gituuu…:P )

tapi alhmdulillah mati satu tumbuh seribu… tak usah mengharapkan yang belum jelas.. jalani aja dulu apa yang ada.. SEMANGAT!!!… ^_^